Sunday, July 4, 2010

Holiday on Telaga Sarangan


Bbrrrr........dingin...dingin...dingin...kata-kata itulah yang selalu terucap dari bibir seluruh rombongan study tour SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu yang berjumlah 30 orang, ketika pertama kali tiba di Telaga Sarangan, padahal waktu itu jam menunjukkan pukul 11.00 wib.
So...pada hari minggu, 27 Juni 2010, setelah berkunjung beberapa hari di daerah Yogjakarta dan sekitarnya, rombongan study tour beristirahat dan menikmati keindahan Telaga Sarangan untuk 2 hari 2 malam.

Telaga Sarangan disebut juga Telaga Pasir berada di kaki Gn. Lawu, berjarak + 16 Km dari Kota Magetan ke arah barat, terletak pada ketinggian 1.200 m dpl, dengan luas + 30 Ha, kedalaman 28 meter, dan suhu antara 18 - 25ยบ C. Di tempat ini tersedia beraneka ragam fasilitas wisata, antara lain: hotel, rumah makan, perahu dayung, mainan anak-anak, perahu boat dan kuda tunggangan. Obyek wisata alam ini berlokasi pada jalur Magetan-Solo melalui Tawangmangu, Kabupaten Karangnyar.

Fasilitas umum yang melengkapi Kawasan Wisata Telaga Sarangan antara lain :

1. Jalan akses menuju Obyek Wisata yang merupakan Jalan Propinsi, dengan kondisi fisik cukup baik dan menghubungkan Magetan –Tawangmangu –Karanganyar - Solo.

2. Perhotelan terdiri dari: 2 buah hotel berbintang, 41 buah hotel melati, 20 buah rumah makan, 3 buah lapangan tennis, 2 buah kolam renang, 70 buah jasa perahu, 120 ekor kuda tunggang, 1 buah pasar wisata, 1 buah taman dan tempat bermain anak-anak, serta 1 buah musholla.

ImageWisata Telaga Sarangan selain memberikan kesejukan dan keindahan pemandangan alam berupa telaga, alam pegunungan dan areal pertanian yang menghasilkan padi, sayuran dan hortikultura, juga menyediakan sarana rekreasi berupa:

1. Perahu, yang menyediakan jasa untuk mengelilingi telaga.
2. Kuda tunggangan, yang menyediakan jasa berkuda mengelilingi telaga, sambil menikmati keindahan Telaga Sarangan.
3. Taman bermain anak-anak dengan fasilitas tempat berteduh dan berbagai sarana permainan.
4. Pasar Wisata yang menjual anaka cinderamata, makanan khas, sayuran dan produk unggulan Kabupaten Magetan lainnya.
5. Aneka ragam makanan yang dijajakan keliling, seperti sate kelinci, jagung dan kacang rebus.

Dari semua daerah wisata yang dikunjungi, menurut peserta study tour, Telaga Sarangan yang paling berkesan bagi mereka.

Karyna Cante lewat FBnya berkoment: "Pengen makan sate kelinci yg kyak di sarangan itu.. pengen kesana lagi beli sate kelinci, makan di pinggir telaga yg ditemani kabut dan pake jaket. aduh, mau sekali. --"

Memang berlibur ke Telaga Sarangan merupakan kenangan yang tak akan terlupakan.


Artikel Terkait:

1 comment:

Tiket Pesawat Murah said...

wah kalau baca2 tempat liburan gini malah jadi tambang binggu.
tahun ini mau liburan dimana ?

bisnis paling gratis

Top Comments