Tuesday, October 19, 2010

Gagasan Konyol

Gagasan konyol pun juga bermanfaat, khususnya bila dimulai dengan memahami mengapa sebuah gagasan bisa begitu konyol. Apa yang membuat suatu gagasan, pernyataan, atau pernyataan konyol, tolol atau benar-benar tidak berguna?
Pernyataan-pernyataan di bawah ini adalah konyol, mengapa? Jika benar-benar direnungkan, mungkin bisa dijumpai alasan bahwa pernyataan-pernyataan ini tidaklah konyol!

Merah adalah warna yang paling tebal daripada coklat.
Huruf Z lebih lucu daripada huruf P.
Semen mengandung lebih banyak air daripada sekarung bulu.
Berbatuk lebih menjengkelkan daripada bersin


Dapatkah Anda memberi alasan mengapa masing-masing pernyataan di atas konyol? Di bawah ini terdapat empat kalimat. Bacalah kalimat pertama sampai habis, kemudian barulah kalimat berikutnya.

Gagasan-gagasan hijau tidur dengan sangat marah.
Pikiran yang fleksibel tidur sejenak dengan lebarnya.


Dengan berani ungu tirai-tirai hilang.
Sepatu daripada indah supaya.


Dua kalimat yang pertama adalah konyol. Kalimat-kalimat itu susunannya seperti kalimat, tetapi tidak mempunyai makna. Dua kalimat yang terakhir lebih konyol lagi. Kalimat-kalimat itu tidak tersusun seperti kalimat. Mereka hanya merupakan kumpulan kata yang campur aduk.

Dapatkah anda melihat perbedaan antara dua kalimat yang pertama dan dua kalimat yang terakhir? Cobalah menyusun kalimat-kalimat konyol menurut cara anda sendiri. Kalimat-kalimat itu harus tersusun seperti kalimat, tetapi tidak membentuk arti.


Artikel Terkait:

No comments:

Top Comments