Wednesday, October 13, 2010

Pertolongan

Bila Anda menghadapi suatu masalah, mungkin Anda ingin menyendiri untuk memecahkannya. Mungkin juga Anda justru ingin memecahkan masalah tersebut bersama sahabat Anda atau orang tua Anda.
Meminta pertolongan orang lain tidaklah mudah. Ada teman anda yang sepaham dengan anda. Mereka menyukai anda dan tidak ingin melihat anda bersedih. Pada saat anda mengalami masalah, mereka memberikan kata-kata hiburan supaya anda jangan terlalu risau, karena masalah tersebut akan segera berakhir. Pertolongan macam inikah yang anda butuhkan?

Ada teman anda yang lebih menyukai pemecahan masalah secara langsung. Mereka menyarankan apa yang harus anda lakukan. Waktu saran anda laksanakan, apakah anda berpendapat bahwa saran itu merupakan pemecahan yang terbaik? Apakah saran itu benar-benar dapat mengatasi masalah yang anda hadapi?

Ada teman anda yang periang. Mereka selalu tertawa, bersenda gurau dan riang gembira. Tetapi pada waktu anda menceritakan masalah anda, tentu anda tidak suka mereka bertingkah laku demikian. Anda ingin mereka mendengarkan anda dengan serius.

Ada teman anda yang senang sekali berbicara. Waktu anda mulai menceritakan masalah anda, mereka sudah menanggapinya walaupun anda belum selesai berbicara. Mereka berbicara dan terus berbicara sehingga anda akhirnya menyadari bahwa masalah anda telah tersisihkan oleh pembicaraan mereka.

Renungkanlah jenis pertolongan yang anda inginkan. Kemudian renungkan pula orang-orang yang anda kenal. Bagaimana sikap mereka kalau menghadapi masalah orang lain? Hubungkanlah jenis pertolongan yang anda butuhkan dengan orang-orang tersebut. Siapakah yang paling cocok?.


Artikel Terkait:

2 comments:

Achmad Zulfikar said...

sesungguhnya kadangkala pertolongan itu kadang kita tidak tahu darimana asalnya .. tapi insya Allah , Allah akan selalu menolong hamba - hamba-Nya yang memohon pertolongan ..

Ikhsan Madjido said...

@Achmad Zulfikar

Top Comments