Saturday, November 20, 2010

Masjid Jin Makkah

Masjid Jin terletak 1,5 km sebelah utara dari Masjidil Haram. Tepatnya dekat pemakaman Ma'la. Beberapa riwayat menyebutkan dilokasi inilah ada Jin yang masuk Islam, seperti yang disebutkan surah Jin dalam Al Quran.
Masjid Jin terletak di kampung Ma’la, tidak jauh dari Pemakaman Ma’la. Masjid ini juga di beri nama “Masjid Bai’ah”, karena ditempat ini para Jin berjanji (ber-bai’at) kepada Rasulullah SAW untuk beriman kepada Al-quran dan ajaran yang dibawa oleh Rasulullah SAW.

Diriwayatkan, setelah salat Subuh Rasulullah SAW dan para sahabat, ketika dibacakan beberapa ayat Al-quran dan sekumpulan Jin sedang dalam perjalanan ke Tihamah mendengar, lalu mereka berdialoq dengan Nabi SAW, kemudian mereka menyatakan dirinya beriman kepada Allah SWT.

Di tempat itulah Allah SWT menurunkan wahyu, dalam Al-quran surat Al-Jin ayat 1-2 yang berbunyi: Telah diwahyukan kepadamu bahwa sekumpulan Jin mendengarkan ayat Al-quran. Lalu mereka berkata: “sesungguhnya kami telah mendengarkan Al-quran yang menakjubkan. Yang memberi petunjuk kepada jalan yang benar, karena itu kami tidak akan mempersekutukan Allah SWT kami dengan siapapun juga”.


Artikel Terkait:

No comments:

Top Comments