Monday, January 24, 2011

Perlunya Web Komunitas Event Organizer

Perlunya Web Komunitas Event Organizer merumuskan dan mengimplementasikan strategi pemasaran dengan inernet yang fokus pelanggan akan sangat menguntungkan bagi event organizer tersebut.

Event Organizer (penyelenggara acara) atau biasa disingkat EO adalah membantu kliennya (client) untuk dapat menyelenggarakan acara yang diinginkan. Bisa jadi hal ini karena keterbatasan sumber daya atau waktu yang dimiliki klien, namun penggunaan jasa EO. juga dimungkinkan dengan alasan agar penyelenggaraannya profesional sehingga hasilnya lebih bagus daripada bila dikerjakan sendiri. Menurut buku, "EO, 7 Langkah Jitu Membangun Bisnis Event Organizer" ditulis oleh professional Event Organizer, Yudhi Megananda, EO dalam konteks sebagai sebuah bisnis memiliki definisi sebagai berikut : Usaha dalam bidang jasa yang secara sah ditunjuk oleh clientnya, guna mengorganisasikan seluruh rangkaian acara, mulai dari perencanaan, persiapan, eksekusi hingga evaluasi, dalam rangka membantu mewujudkan tujuan yang diharapkan client dengan membuat acara.

 
Misalnya jika dipercaya oleh sebuah klien untuk mempromosikan produknya, maka sebuah EO harus memikirkan bagaimana mengemas acara sesuai dengan permintaan klien. Selain itu, pikirkan juga bagaimana selera pengunjung yang akan menjadi calon konsumen. 
Sebuah EO juga harus berani mengajukan sebuah ide baru yang kreatif dan berbeda. Jika itu bisa diterima oleh klien serta sukses, tentunya kemungkinan besar EO ini pun akan dipercaya untuk memegang even-even berikutnya dan bahkan even dari klien baru lainnya.
 Tips Jika Ingin Terjun di bidang EO:
1. Miliki spesifikasi tertentu. Jika sudah ditetapkan, pelajari seluk beluknya. Di jakarta sendiri, kerap diadakan beberapa kursus singkat tentang bagaimana mengelola EO. Sedangkan di Singapura, ada sekolah khusus dengan pendidikan jurusan semacam ini.
2. Kumpulkan beberapa orang untuk membuat tim khusus. Mereka inilah nantinya yang akan mengerjakan beberapa tugas dengan bagian-bagian tersendiri.
3. Atur atau manajemeni dengan baik dan profesional.
4. Jangan takut untuk mewujudkan ide gila yang inovatif tapi bisa diterima masyarakat. Sebisa mungkin, hindari penawaran ide yang monoton. Usahakan munculkan ide tema acara yang menarik dan berbeda.
5. Tentukan segmen yang akan dibidik. Apakah masyarakat umum, ataukah kelas tertentu seperti kalangan menengah ke atas.
6. Miliki jaringan relasi sponsor. Terkadang pihak pemakai jasa EO juga telah memiliki sponsor-sponsor tertentu. Tapi tidak menutup kemungkinan, acara bisa makin sukses dengan kehadiran sponsor tambahan. Jika ini dimiliki, akan menjadi nilai plus bagi EO itu sendiri.
7. Harus bisa memanejemen emosi. Kerja EO apalagi jika makin dekat dengan hari H penyelenggaraan acara, biasanya amat rentan bersinggungan emosi antara personel EO itu sendiri. Cermati dan miliki kemampuan untuk memanajemen emosi di saat-saat seperti ini.
8. Untuk mereka yang baru terjun, utamakan kualitas dan bukan profit. Jika klien sudah membuktikan kualitas dari kerja sebuah EO, maka di kesempatan lain, EO ini pun akan digunakan lagi jasanya. Selain itu, pihak lain yang telah mendengar kelebihan EO ini pun akan bisa berkemungkinan menjadi klien baru.
9. Coba juga terjun ke kegiatan sosial.

Untuk menampung semua para pelaku yang bergerak dalam bidang Event Organizer, maka diperlukan suatu wadah atau Komunitas Event Organizer. Tujuannya adalah untuk mempermudah sebagai tempat sarana promosi, sarana komunikasi, sarana bertukar pikiran, meningkatkan peluang usaha, pengembangan wawasan sesama pelaku bisnis, dan mempermudah koneksi antara para Event Organizer dan kliennya. Itulah beberapa alasan Perlunya Web Komunitas Event Organizer.

Mengingat persaingan yang begitu ketat, maka setiap EO harus berpandai - pandai memasarkan bisnis mereka ke konsumen. Salah satu teknik pemasaran yang saat ini tengah menjadi trend adalah melalui dunia maya atau internet. Businessman hanya perlu mengendalikan usahanya dari dalam kantor tanpa perlu menyebarkan brosur, pamflet atau poster ke masyarakat. Inilah soft marketing.

Website bukan barang baru bagi pengusaha. Saat ini konsumen lebih cenderung mencari informasi melalui internet. Karena kemudahannya dan tak perlu repot menghabiskan waktu dan uang. Tentunya hal ini akan sangat menguntungkan bagi Komunitas Event Organizer. Dengan perlunya memiliki website, setiap calon konsumen yang akan mencari informasi mengenai EO melalui internet pasti akan menuju web mereka. Dan bisa dipastikan, deal - deal suatu proyek bisa sering terjadi melalui sarana informasi internet.

Maka sekarang muncullah sebuah Web Komunitas Event Organizer yang sudah tidak asing lagi dikalangan dunia maya dan merupakan suatu rekomendasi yang sangat tepat untuk para EO/WO bidang Corporate, Exhibiton, Promoter/Music Event, Wedding, Sport, Convention, teman-teman Crew, Suplier, Talent, Artist Management, dan untuk semua kalangan. Web Komunitas tersebut adalah EO Community.

Berikut ini Visi dan Misi EO Community :
• Sebagai sarana komunikasi dan aktualisasi yang baik bagi pelaku bisnis Event Organizer, Artist Management dan industri pendukung event di seluruh Indonesia.
• Sarana bersosialisasi diantara para pelaku bisnis Event Organizer, Artis Management, dan industri pendukung event dalam rangka pengembangan bisnis event di Indonesia.
• Meningkatkan peluang usaha bagi pelaku bisnis Event Organizer, Artist Management, dan Industri Pendukung Event secara Nasional.
• Sebagai sarana edukasi dalam rangka pengembangan wawasan sesama pelaku bisnis Event Organizer, Artist Management, dan Industri Pendukung Event.
• Sebagai sarana bertukar pikiran mengenai permasalahan-permasalahan yang dihadapi Event Organizer, tentang bagaimana kelanjutan bisnis Event Organizer, prospek kedepan bisnis Event Organizer, serta akan dibawa kemana bisnis Event Organizer.
Bagi event organizer yang ingin bergabung dapat mendaftarkan usahanya di http://www.eocommunity.com.
 
Jadi, tunggu apalagi segera bergabung di EOC dan rasakan bahwa memang Perlu Web Komunitas Event Organizer. 

Kontes SEO " Perlunya Web Komunitas Event Organizer" disponsori oleh :

 



IDWebhost.com Best Service at Affordable Cost


Artikel Terkait:

No comments:

Top Comments